Monday, November 12, 2018

Description: Title: Header graphicsPM

MATERI

Menganalilis eksploitasi sumber daya terbaru dan tak terbarukan

MEDIA

Poster
Gambar

PRODUKSI MEDIA

RIZATUL KHULAIFA/150721604347/off L

RANCANGAN PEMBELAJARAN

tujuanmetoda/modelevaluAsi

Tujuan : menganalisis eksploitasi sumber daya terbaru dan tak terbarukan

Metode : pembelajaran tatap muka yang dikombinasikan dengan model pembelajaran poster coment

Evaluasi : presensi, pengumpulan hasil poster, kesimpulan presentasi yang ditulis dalam bentuk tulis tangan.

PENJELASN MEDIA

kreativitascara pembuatanspesifik

Kreativitas : power point diberikan untuk pemantapan materi sebelum mengerjakan poster Coment . Sedangkan poster Coment diberikan berupa kertas menilai, spidol berbagai warna, dan berbagai gambar untuk ditempelkan ke poster. Media ini dapat digunakan secara berkelompok.
Cara pembuatan :
  1. Pendidik menyediakan potongan gambar yang dihubungkan dengan materi bahasan.
  2. Peserta didik disuruh menuliskan komentar dengan bebas, kira-kira ide apa yang dimunculkan setelah melihat gambar tersebut.
  3. Peserta didik boleh mengeluarkan pendapat yang berbeda, karena pikiran manusia juga berbeda-beda.
Pendidik sudah memersiapkan rumusan jawaban yang tepat mengenai gambar tersebut, sehingga peserta didik merasa dapat penjelasan sekaligus dapat pula menyaksikan gambarnya.
Spesifik :  poster comenta merupakan kegiatan mengomentari gambar, yakni suatu strategi yang digunakan pendidik dengan maksud mengajak peserta didik untuk memunculkan ide apa yang terkandung dalam suatu gambar.

TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA

1. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok besar
2. Siswa diberikan tema yang akan dituangkan dalam pembuatan media.
3. Siswa diberikan langkah langkah pengerjaan
4. Siswa diberi semua bahan poster Coment
5. Siswa mengerjakan poster sesuai kreativitas
6. Siswa mempresentasikan poster Coment
7. Kelompok lain mendengarkan penjelasan dari poster kelompok lain
8. Kelompok presentator menanggapi
9. Siswa secara bersama-sama menyimpulkan  



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMA                                       : SMA 7 Malang
Mata Pelajaran                      : Geografi
Kelas/Semester                      : XI (sebelas) /2 (dua)
Tahun Pelajaran                   : 2018/2019
 Alokasi Waktu                      : 12 JP @ 3x45
Materi Pokok                         : Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia
  1. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu memahami konsep sumber daya
2.      Siswa mampu menganalisis klasifikasi sumber daya.
3.      Siswa mampu menganalisis potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan, danpariwisatadi indonesia.
4.      Siswa mampu menjelaskan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan.
5.      Siswa mampu menganalisis pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
  1. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Inti (KI)             :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetauan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
3.3 Menganalisis sebaran  dan pengelolaan sumber daya kehutanan,pertambangan, kelautan dan pariwisata seusai prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
3.4 Menganalisis ketahanan pangan nasional, penyedian bahan industri,serta potensi energi baru terbarukan di Indonesia

3.3.1        Memahami konsep sumber daya
3.3.2        Menganalisis klasifikasi sumber daya.
3.3.3        Menganalisis potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisatadi Indonesia.
3.3.4        Menjelaskan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan.
3.3.5        Menganalisis pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
3.3.6        Menganalisis permasalahan eksploitasi sumber daya alam
3.3.7        Menganalisis upaya pengendalian eksploitas sumber daya alam
4.3 Membuat peta persebaran sumber daya  kehutanan,pertambangan, kelautan dan pariwisata di Indonesia.

4.3.1. Mengolah informasitentang persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata serta pengelolaannya sesuai prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan
4.3.2. Menyajikan laporan hasil pengolahan informasi tentang persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata serta pengelolaannya sesuai prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan dilengkapi peta


  1. Materi Pembelajaran 
  1. Konsep sumber daya
  2. Klasifikasi sumber daya
  3. Potensi persebaran sumber daya
  4. Analisis AMDAL
  5. Pemanfaatan sumber daya denngan prinsip pembangunan berkelanjutan     
  6. Permasalahan eksploitasi sumber daya alam di Indonesia dan dunia
  7. Solusi Pengendalian eksploitasi sumber daya alam di Indonesia dan dunia
  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan                 :  Scientific Learning
Model Pembelajaran   :  Diskusi,Ceramah

  1. Media Pembelajaran
·         Powerpoint
·         Papan tulis
·         Gambar
  1. Sumber :
·         Wardiyatmoko. 2013. Geografi untuk SMA/MA Kelas X
·         Waluya, Bagia. 2009. Geografi untuk SMA/MA Kelas X










G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-5 (2JP x 45 Menit)
Tahap Kegiatan
                                                       Kegiatan                                  
Alokasi Waktu
2JP x 45 
Kegiatan Pembuka
  • Siswa ditunjuk melakukan do’a    untuk   memulai pembelajaran.
  • Tiga siswa diberikan pertanyaan mengenai materi sebelumnya yakni pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
  • Siswa disampaikan manfaat mempelajari permasalahan eksploitasi sumber daya alam

2’

           4’


         4
Kegiatan Inti
  1. Mengamati
  • Siswa mendengarkan presentasi guru mengenai pemanfaatan sumber daya alam dengan prinsip pembangunan berkelanjutan
  1. Menanya
  • Siswa teterntu yang ditunjuk oleh guru diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan atau pendapat mengenai apa yang guru sampaikan.
  1. Mengumpulkan Informasi
·         Siswa dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan nomor absen, lalu mendiskusikan masalah-masalah eksploitas sumber daya di Indonesia. Dua kelompok bertemakan eksploitasi sumber daya terbarukan, dan dua kelompok lainya eksploitasi sumber daya tidak terbarukan.
  1. Menalar
  • Siswa mencatat hasil
  1. Mengomunikasikan
  • Siswa membuat poster yang dilengkapidengan gambar dan data
15’




     5



     20



    10’

    20’
Kegiatan Penutup
  • Siswa membuat rangkuman akhir
  • Siswa diberikan -tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Siswa diminta merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung, dengan cara tanya jawab bersama hasil diskusi dan memberikan apresiasi kepada siswa yang telah belajar dengan baik.

    5’
    2
    3

Media yang digunakan sebenarnya hanyalah gambar, namun dikombinasikan dengan model pembelajaran, sehingga menjadi media yang sangat menyenangkan yakni sebuah poster. Kenapa poster coment, hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaanya siswa diminta untuk mengomentari secara tertulis gambar yang telah diberikan oleh guru. Selain itu siswa dapat membuat poster berdasarkan gambar dan komentar mereka dengan susunan yang bebas dan menarik. Berikut bahan yang dibutuhkan :
1.      Gambar terkait materi yang sedang dipelajari
2.      Kertas manila
3.      Spidol dengan berbagia warna
4.      Lem
5.      Gunting













Pertemuan ke-6 (2JP x 45 Menit)
Tahap Kegiatan
                                                       Kegiatan                                  
Alokasi Waktu
2JP x 45 
Kegiatan Pembuka
  • Siswa ditunjuk melakukan do’a    untuk   memulai pembelajaran.
  • Tiga siswa diberikan pertanyaan mengenai materi sebelumnya yakni permasalahan eksploitasi sumber daya alam
  • Siswa disampaikan manfaat mempelajari pengendaliaan eksploitas sumber daya
2’

           4’

         4
Kegiatan Inti
  1. Mengamati
  • Siswa mendengarkan presentasi guru mengenai solusi yang ditawarkan pemerinatah dalam mengendalikan eksploitasi sumber daya alam di Indonesia
  1. Menanya
  • Siswa teterntu yang ditunjuk oleh guru diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan atau pendapat mengenai apa yang guru sampaikan.
  1. Mengumpulkan Informasi
  2. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan nomor absen, lalu mendiskusikan diskusi yang ditawakan siswa dalam menangani masalah eksploitasisumber daya yang ada di Indonesia. Dua kelompok bertemakan eksploitasi sumber daya terbarukan, dan dua kelompok lainya eksploitasi sumber daya tidak terbarukan.
  3. Menalar
  • Siswa mencatat hasil
  1. Mengomunikasikan
  • Siswa membuat poster yang dilengkapidengan gambar dan data
15’



     5



     20
    10’

    20’
Kegiatan Penutup
  • Siswa membuat rangkuman akhir
  • Siswa diberikan -tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Siswa diminta merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung, dengan cara tanya jawab bersama hasil diskusi dan memberikan apresiasi kepada siswa yang telah belajar dengan baik.

    5’
    2
    3

H.    Penilaian
1.      Sikap:
Mengamati aktivitas peserta didik dalam diskusi, membuat peta, pengumpulan data, analisis data, dan membuat laporan, serta bahan untuk dikomunikasi.
    2.  Pengetahuan:
Tes tulis : Menilai kemampuan peserta didik dalam konsep yang berkaitan dengan potensi geografi Indonesia dalam penyediaan bahan pangan, industri, dan energi alternatif.
Keterampilan:
2.      Proyek
Peserta didik diminta untuk membuat poster mengenai keadaan ketahanan pangan dan sumber daya yang ada di Indonesia, beserta solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada.

                                                                                                Malang, 12 September 2019
Mengetahui,     
Kepala SMA 7 Malang                                                                       Guru Mata Pelajaran


Dra. Herlina Wahyuni,M.Pd                                                               Rizatul Khulaifa
NIP.19610512198603 2 012                                                              NIM.150721604347






2.      MEDIA
Media yang digunakan sebenarnya hanyalah gambar, namun dikombinasikan dengan model pembelajaran, sehingga menjadi media yang sangat menyenangkan yakni sebuah poster. Kenapa poster coment, hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaanya siswa diminta untuk mengomentari secara tertulis gambar yang telah diberikan oleh guru. Selain itu siswa dapat membuat poster dengan menggunakan gambar dan komentar mereka dengan susunan yang bebas dan menarik. Berikut bahan yang dibutuhkan :
1.      Gambar terkait materi yang sedang dipelajari
2.      Kertas manila
3.      Spidol dengan berbagia warna
4.      Lem
5.      Gunting





Berikut tata cara pembuatanya

  1. Pendidik menyediakan potongan gambar yang dihubungkan dengan materi bahasan.
  2. Peserta didik disuruh menuliskan komentar dengan bebas, kira-kira ide apa yang dimunculkan setelah melihat gambar tersebut.
  3. Peserta didik boleh mengeluarkan pendapat yang berbeda, karena pikiran manusia juga berbeda-beda.
  4.  Pendidik sudah memersiapkan rumusan jawaban yang tepat mengenai gambar tersebut, sehingga peserta didik merasa dapat penjelasan sekaligus dapat pula menyaksikan gambarnya.

Penggunaan media :

1.      Setelah siswa selesai membuat poster seseuai kreativitas maka setiap kelompok mempresentasikan poster didepan kelas

2.      Siswa lain menanggapi presentasi dengan cara bertanya , berpendapat, dan menyanggah pendapat yang dituliskan dalam poster
3.      Siswa presentator menanggapi
4.      Di akhir presentasi akan ada kesimpulan  dan perbaikan jika perlu berdasarkan pemdapat kelompok lain 

No comments:

Post a Comment