PM
MATERI
Menganalilis
eksploitasi sumber daya terbaru dan tak terbarukan
MEDIA
Poster
Gambar
PRODUKSI MEDIA
nAMA MAHASISWA/nim/off
|
RANCANGAN PEMBELAJARAN
tujuan metoda/model evaluAsi
Tujuan : menganalisis eksploitasi sumber
daya terbaru dan tak terbarukan
Metode : pembelajaran tatap muka yang
dikombinasikan dengan model pembelajaran poster coment
Evaluasi : presensi, pengumpulan hasil
poster, kesimpulan presentasi yang ditulis dalam bentuk tulis tangan.
PENJELASN MEDIA
kreativitas cara pembuatan spesifik
Kreativitas : power point diberikan untuk pemantapan
materi sebelum mengerjakan poster Coment . Sedangkan poster Coment diberikan
berupa kertas menilai, spidol berbagai warna, dan berbagai gambar untuk
ditempelkan ke poster. Media ini dapat digunakan secara berkelompok.
Cara pembuatan :
- Pendidik menyediakan
potongan gambar yang dihubungkan dengan materi bahasan.
- Peserta didik disuruh menuliskan komentar dengan
bebas, kira-kira ide apa yang dimunculkan setelah melihat gambar
tersebut.
- Peserta didik boleh
mengeluarkan pendapat yang berbeda, karena pikiran manusia juga
berbeda-beda.
Pendidik sudah memersiapkan rumusan jawaban yang tepat
mengenai gambar tersebut, sehingga peserta didik merasa dapat penjelasan
sekaligus dapat pula menyaksikan gambarnya.
Spesifik : poster comenta merupakan kegiatan mengomentari
gambar, yakni suatu strategi yang digunakan pendidik dengan maksud mengajak
peserta didik untuk memunculkan ide apa yang terkandung dalam suatu gambar.
TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA
1. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok besar
2. Siswa diberikan tema yang akan dituangkan dalam
pembuatan media.
3. Siswa diberikan langkah langkah pengerjaan
4. Siswa diberi semua bahan poster Coment
5. Siswa mengerjakan poster sesuai kreativitas
6. Siswa mempresentasikan poster Coment
7. Kelompok
lain mendengarkan penjelasan dari poster kelompok lain
8. Kelompok
presentator menanggapi
9. Siswa secara
bersama-sama menyimpulkan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA :
SMA 7 Malang
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
XI (sebelas) /2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP @ 3x45
Materi Pokok : Pengelolaan Sumber
Daya Alam Indonesia
- Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu memahami
konsep sumber daya
2. Siswa mampu menganalisis
klasifikasi sumber daya.
3. Siswa mampu menganalisis
potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan,
danpariwisatadi indonesia.
4. Siswa mampu menjelaskan
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan.
5. Siswa mampu menganalisis
pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
- Kompetensi
Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Inti (KI) :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetauan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
3.3 Menganalisis sebaran dan pengelolaan sumber daya
kehutanan,pertambangan, kelautan dan pariwisata seusai prinsip-prinsip
pembangunan berkelanjutan.
3.4 Menganalisis
ketahanan pangan nasional, penyedian bahan industri,serta potensi energi baru
terbarukan di Indonesia
|
3.3.1
Memahami konsep sumber daya
3.3.2
Menganalisis klasifikasi sumber daya.
3.3.3
Menganalisis potensi dan persebaran
sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisatadi Indonesia.
3.3.4
Menjelaskan Analisis Mengenai Dampak
Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan.
3.3.5
Menganalisis pemanfaatan sumberdaya alam
dengan prinsip-prinsip pembangunan
berkelanjutan.
3.3.6
Menganalisis permasalahan eksploitasi sumber
daya alam
3.3.7
Menganalisis upaya pengendalian eksploitas
sumber daya alam
|
4.3 Membuat peta persebaran sumber daya kehutanan,pertambangan, kelautan dan
pariwisata di Indonesia.
|
4.3.1. Mengolah
informasitentang persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan,
dan pariwisata serta pengelolaannya sesuai prinsip-prinsippembangunan
berkelanjutan
4.3.2. Menyajikan
laporan hasil pengolahan informasi tentang persebaran sumber daya kehutanan,
pertambangan, kelautan, dan pariwisata serta pengelolaannya sesuai
prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan dilengkapi peta
|
- Materi
Pembelajaran
- Konsep sumber daya
- Klasifikasi sumber daya
- Potensi persebaran sumber daya
- Analisis AMDAL
- Pemanfaatan sumber daya denngan prinsip
pembangunan berkelanjutan
- Permasalahan eksploitasi sumber daya alam di
Indonesia dan dunia
- Solusi Pengendalian eksploitasi sumber daya
alam di Indonesia dan dunia
- Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Diskusi,Ceramah
- Media Pembelajaran
·
Powerpoint
·
Papan tulis
·
Gambar
- Sumber :
·
Wardiyatmoko. 2013.
Geografi untuk SMA/MA Kelas X
·
Waluya, Bagia. 2009.
Geografi untuk SMA/MA Kelas X
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke-5 (2JP x 45 Menit)
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
2JP x 45
|
Kegiatan Pembuka
|
|
2’
4’
4’
|
Kegiatan Inti
|
·
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan nomor
absen, lalu mendiskusikan masalah-masalah eksploitas sumber daya di
Indonesia. Dua kelompok bertemakan eksploitasi sumber daya terbarukan, dan
dua kelompok lainya eksploitasi sumber daya tidak terbarukan.
|
15’
5’
20
10’
20’
|
Kegiatan Penutup
|
|
5’
2’
3’
|
Media yang
digunakan sebenarnya hanyalah gambar, namun dikombinasikan dengan model
pembelajaran, sehingga menjadi media yang sangat menyenangkan yakni sebuah
poster. Kenapa poster coment, hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaanya
siswa diminta untuk mengomentari secara tertulis gambar yang telah diberikan
oleh guru. Selain itu siswa dapat membuat poster berdasarkan gambar dan
komentar mereka dengan susunan yang bebas dan menarik. Berikut bahan yang
dibutuhkan :
1.
Gambar terkait materi yang sedang dipelajari
2.
Kertas manila
3.
Spidol dengan berbagia warna
4.
Lem
5.
Gunting
Pertemuan ke-6 (2JP x 45 Menit)
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
2JP x 45
|
Kegiatan Pembuka
|
|
2’
4’
4’
|
Kegiatan Inti
|
|
15’
5’
20
10’
20’
|
Kegiatan Penutup
|
|
5’
2’
3’
|
H.
Penilaian
1.
Sikap:
Mengamati
aktivitas peserta didik dalam diskusi, membuat peta, pengumpulan data, analisis
data, dan membuat laporan, serta bahan untuk dikomunikasi.
2. Pengetahuan:
Tes tulis : Menilai
kemampuan peserta didik dalam konsep yang berkaitan dengan potensi geografi
Indonesia dalam penyediaan bahan pangan, industri, dan energi alternatif.
Keterampilan:
2.
Proyek
Peserta didik
diminta untuk membuat poster mengenai keadaan ketahanan pangan dan sumber daya
yang ada di Indonesia, beserta solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada.
Malang, 12
September 2019
Mengetahui,
Kepala SMA 7
Malang Guru
Mata Pelajaran
Dra. Herlina
Wahyuni,M.Pd Rizatul Khulaifa
NIP.19610512198603
2 012 NIM.150721604347
2.
MEDIA
Media yang
digunakan sebenarnya hanyalah gambar, namun dikombinasikan dengan model
pembelajaran, sehingga menjadi media yang sangat menyenangkan yakni sebuah
poster. Kenapa poster coment, hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaanya
siswa diminta untuk mengomentari secara tertulis gambar yang telah diberikan
oleh guru. Selain itu siswa dapat membuat poster dengan menggunakan gambar dan
komentar mereka dengan susunan yang bebas dan menarik. Berikut bahan yang
dibutuhkan :
1.
Gambar terkait materi yang sedang dipelajari
2.
Kertas manila
3.
Spidol dengan berbagia warna
4.
Lem
g. Gunting
Berikut tata cara
pembuatanya
- Pendidik menyediakan potongan gambar yang
dihubungkan dengan materi bahasan.
- Peserta didik disuruh menuliskan komentar dengan bebas, kira-kira ide apa yang
dimunculkan setelah melihat gambar tersebut.
- Peserta didik boleh mengeluarkan pendapat yang berbeda, karena pikiran manusia juga berbeda-beda.
- Pendidik sudah memersiapkan rumusan jawaban yang tepat mengenai gambar tersebut, sehingga peserta didik merasa dapat penjelasan sekaligus dapat pula menyaksikan gambarnya.
Penggunaan media
:
1.
Setelah siswa selesai membuat poster seseuai
kreativitas maka setiap kelompok mempresentasikan poster didepan kelas
2.
Siswa lain menanggapi presentasi dengan cara
bertanya , berpendapat, dan menyanggah pendapat yang dituliskan dalam poster
3.
Siswa presentator menanggapi
4.
Di akhir presentasi akan ada kesimpulan dan perbaikan jika perlu berdasarkan pemdapat
kelompok lain
No comments:
Post a Comment